Thursday, August 18, 2016

Atasi Mual dengan Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Beberapa makanan sehat untuk ibu hamil sebaiknya Anda tahu, dan di bawah ini merupakan uraian makanan yang sehat dan menyehatkan serta alami sebagai makanan yang baik untuk ibu hamil, makanan tersebut adalah sebagai berikut:

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Konsumsi sayur yang baik ibu hamil

Brokoli
Selama kehamilan trimester pertama sangat disarankan untuk banyak mengonsumsi sayuran hijau karena kandungan seratnya dapat mencegah konstipasi selama kehamilan. Selain itu, brokoli juga mengandung folat, kalsium, lutein, zeaxantin dan karotenoid yang baik untuk untuk membantu perkembangan penglihatan janin dalam perut. Kalium yang terkandung dalam brokoli membantu menormalkan tekanan darah. Sajikan brokoli sebagai sayuran yang baik untuk ibu hamil atau dalam bentuk salad segar dengan merebusnya.

Buah untuk ibu hamil yang banyak mengandung vitamin C

Berries
Rasanya yang asam dan menyegarkan pasti akan membantu menghilangkan rasa mual. Mengonsumsi keluarga besar berry seperti buah stroberi, blueberry, dan raspberry setiap hari sangat disarankan sebagai buah untuk ibu hamil. Stroberi, blueberry dan raspberry kaya akan kandungan vitamin C, potassium, folat, serat dan antioksidan yang tinggi. Bahkan, kandungan phytonutrien dalam berry buah dipercaya dapat menjaga kerusakan sel tubuh ibu dan calon bayi.

Konsumsi susu ibu hamil

Yogurt
Saat positif hamil, biasanya dokter akan menyarankan untuk mengonsumsi susu untuk ibu hamil. Kalau kita tidak terbiasa minum susu atau bahkan baru mencium bau susu bisa langsung mual, cobalah untuk mengganti susu dengan yogurt. Karena kandungan dalam yogurt ternyata lebih baik dari segelas susu.

Yogurt mengandung protein, kalsium, vitamin B, dan seng. Bahkan, dipercaya kalsium dalam yogurt lebih tinggi dari susu. Untuk variasi kita bisa menambahkan yogurt pada potonga buah pisang dan kurma. Selain itu, kita juga bisa membuat smoothies dengan yogurt sehingga mengaburkan rasa mualmu. Bukan hanya sehat, makanan ini juga bisa menjauhkan kita dari mual.

Bahan makanan yang sehat untuk ibu hamil konsumsi

Daging
Makanan sehat untuk ibu hamil berikutnya adalah daging. Daging merupakan sumber protein hewani yang baik, sumber vitamin B12, B6, dan niacin. Mengonsumsi daging dapat mencegah anemia selama kehamilan. Selain itu daging juga mengandung kolin yang akan membantu perkembangan janin. Bagaimana kalau tidak suka makan daging sebagai asupan makanan sehat untuk ibu hamil muda?.

Sepertinya Anda harus mulai mencoba untuk berkreasi dengan menu daging karena asupan daging selama kehamilan trimester pertama sangat penting. Campurkan potongan daging tipis ke dalam pasta kesukaanmu.  Membuat burger atau sandwich bisa jadi ide menarik sebagai variasi dalam menyantap daging.

Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Kacang-kacangan
Jenis makanan kacang-kacangan menjadi sumber protein, zat besi dan protein, zat besi dan  folat, kalsium, dan seng. Mineral ini diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan pada janin 3 bulan pertama. Kamu bisa mengonsumsi kacang hijau, kacang merah dan kacang kedelai sebagai menu makanan sehat untuk ibu hamil.

Kacang-kacangan tersebut juga bisa dijadikan camilan sehat untuk ibu hamil dan aman dikonsumsi setiap saat. Saat menonton televisi atau saat santai sambil menyantap kacang kedelai kering atau kacang mete tentu akan menjadi aktivitas yang menyenangkan bukan?.

1 comment:

  1. Thanks banget tips nya, mual memang hal yang cukup menganggu buat yang lagi hamil, sekarang dapat solusinya nih. Jangan lupa kunjungi website saya
    Suplemen Peninggi Badan

    ReplyDelete